Home » News » News #164

PELATIHAN COMPUTATIONAL THINKING BAGI GURU SMP-SMK MUHAMMADIYAH 2 KOTA SEMARANG

Diposting oleh Administrator pada 5 December 2018, 07:32

WhatsApp Image 2018-12-05 at 2.12.40 PM.jpeg
Sesi Foto Bersama

Semarang, manusia mempunyai kemampuan bio-komputer yang bermanfaat dalam menyelesaiakan persoalan-persoalan yang dihadapi. Program berfikir yang dimiliki ini dapat dioptimalkan dengan menerapkan sebuah metode yang disebut dengan “Berpikir Komputatif” atau Computational Thinking (CT). CT adalah sebuah metode dalam menyelesaikan persoalan dengan menerapkan teknik ilmu komputer (informatika). Ketika pendekatan CT diterapkan dalam proses pembelajaran maka akan dapat membantu siswa untuk dapat melihat hubungan antara mata pelajaran, dan kehidupan di dalam dengan di luar kelas.

WhatsApp Image 2018-11-17 at 13.16.55(1).jpeg
WhatsApp Image 2018-11-17 at 13.00.51.jpeg

Foto Paparan Materi Sesi 1

Foto Paparan Materi Sesi 2

Untuk menggalakkan pentingnya CT kepada para siswa sekolah, maka harus dimulai dari para guru mulai SMP sampai dengan SMA. Tim Pengabdian Departemen Informatika/ Ilmu Komputer yang diketuai oleh Helmie Arif Wibawa S.Si, M.Cs mengangkat topik tersebut dalam pengabdiannya. Tim yang beranggotakan Ragil Saputra, S.Si, M.Cs, Priyo Sidik Sasongko, S.Si, M.Kom, Satriyo Adhy, S.Si, M.T, dan Rismiyati B.Eng, M.Cs tersebut mengadakan pengabdian pada tanggal 17 November 2019 di SMP Muhammadiyah 2 dan SMK Muhammadiyah 2 Kota Semarang.  Target pengabdian masyarakat adalah Bapak Ibu Guru SMP dan SMK Muhammadiyah 2 Kota Semarang. Target tersebut dipilih dengan harapan bahwa guru-guru tersebut dapat menerapkan CT dalam mata pelajaran yang mereka ampu, dan mensosialisasikan ke siswa didiknya.

WhatsApp Image 2018-11-17 at 12.49.41.jpeg
WhatsApp Image 2018-11-17 at 13.16.55.jpeg

Foto Paparan Materi Sesi 3

Foto Sesi Diskusi dengan Peserta

Pengabdian ini berupaya untuk mensosialisasikan dan melakukan pelatihan dan pembinaan ke sekolah-sekolah mengenai metode CT. Tujuan yang diharapkan adalah metode CT ini dapat diimplementasi dalam proses belajar di sekolah yang nantinya akan membantu siswa untuk lebih berpikir secara komputatif. Selain itu juga diharapkan para guru dapat mempersiapkan para siswa untuk bersaing dalam Bebras Challenge Indonesia sebagai ajang kompetisi CT. Kegiatan ini meliputi pemaparan CT, pembahasan soal-soal dengan metode CT, dan pengenalan terhadap Bebras Challenge.

helmie2.png
WhatsApp Image 2018-11-17 at 14.18.39.jpeg
WhatsApp Image 2018-11-17 at 14.18.39(1).jpeg

Contoh Persoalan CT dalam Paparan

Penyerahan Kenang-kenangan 1

Penyerahan Kenang-kenangan 2

Acara pengabdian tersebut diawali dengan pembukaan oleh Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 2 Kota Semarang. Penyuluhan terbagi menjadi tiga sesi, sesi pertama menjelaskan tentang apa itu CT. Sesi kedua adalah penerapan CT. Sesi ketiga adalah pengenalan Lingkungan Bebras Challenge yang berisi materi, soal, maupun tryout CT. Pada setiap sesi, peserta berdiskusi dengan pemateri dan tim pengabdian tentang masalah sehari-hari yang dihadapi yang dikaitkan dengan CT. Acara diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari Departemen Informatika/Ilmu Komputer kepada Bapak Kepala Sekolah SMK dan Ibu Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 2 Kota Semarang.


Kategori: Berita Akademik