Home » News » News #162

Penyuluhan Internet Sehat dan Aman untuk Warga Rt 2 Rw 7 Kelurahan Jomblang, Candisari, Semarang

Diposting oleh Administrator pada 16 May 2018, 03:53

20180504_2130301.jpg

Sesi Foto Bersama

Berdasarkan Asisoasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia, pada tahun 2017, lebih dari 143.26 Juta warga Indonesia telah menggunakan internet. Jumlah tersebut mencakup lebih dari 54 persen total penduduk Indonesia yang saat ini mencapai 262 Juta jiwa. Pengguna internet yang sedemikian banyak terdiri dari berbagai lapisan masyarakat, baik dari sisi usia maupun sisi latar belakang.

Internet sendiri merupakan hal yang memang tidak bisa dihindari sekarang. Banyak manfaat positif yang bisa didapatkan dari penggunaan internet, mulai dari sosialisasi, networking, sampai peningkatan dalam ekonomi dengan pemanfaatan media social (online shop). Akan tetapi, selain manfaat yang dibawa, Internet juga membawa beberapa hal yang dapat merugikan bagi penggunanya. Salah satunya adalah kecanduan gadget bagi anak-anak, baik balita maupun usia remaja.
WhatsApp Image 2018-05-04 at 9.21.50 PM.jpeg
Paparan Sesi 1
WhatsApp Image 2018-05-04 at 9.21.33 PM.jpeg
Paparan Sesi 2
Untuk menggalakkan pentingnya berinternet sehat di masyarakat, Tim Pengabdian Departemen Informatika/ Ilmu Komputer yang diketuai oleh Satriyo Adhy, S.Si, M.T mengangkat topik tersebut dalam pengabdiannya. Tim yang beranggotakan Ragil Saputra, S.Si, M.Cs, Priyo Sidik Sasongko, S.Si, M.Kom,  Helmie Arif Wibawa S.Si, M.Cs, dan Rismiyati B.Eng, M.Cs tersebut mengadakan pengabdian pada tanggal 4 Mei 2018 di Mushola Jalan Cinde Timur no 8.  Target pengabdian masyarakat adalah Ibu-ibu pengurus PKK di wilayah RW 7 Kelurahan Jomblang, Kecamatan Candisari Semarang. Target tersebut dipilih dengan harapan bahwa ibu-ibu tersebut dapat menerapkan pengetahuan berinternet sehat ke keluarga mereka, dan mensosialisasikan ke warga di lingkungan mereka.
Acara pengabdian tersebut diawali dengan pembukaan oleh Sekretaris Departemen Informatika/Ilmu Komputer Dr. Eng. Adi Wibowo, S.Si, M.Kom. Penyuluhan terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama menjelaskan tentang manfaat dan bahaya internet, serta tips-tips dalam berinternet. Sesi kedua adalah sesi demo beberapa aplikasi dan cara berinternet sehat dengan gadget. Setelah sesi kedua, peserta penyuluhan kemudian berdiskusi dengan pemateri dan tim pengabdian tentang masalah sehari-hari yang dihadapi dalam mengontrol penggunaan gadget bagi putra putri mereka. Acara diakhiri dengan penyerahan kenang-kenangan dari Departemen Informatika/Ilmu Komputer kepada Bapak Ketua RT 2 RW 7 Kelurahan Jomblang.
20180504_213824.jpg
Full Team Pengabdian

Kategori: Berita Akademik