Home » News » News #160

Pelatihan Internet dan Sosial Media yang Sehat dan Aman Bagi Ibu-Ibu PKK Kel. Mangunsari Kec. Gunung

Diposting oleh Administrator pada 5 May 2018, 02:14

Dalam rangka berbagi pengetahuan kepada masyarakat umum, Tim Pengabdian Masyarakat Departemen Ilmu Komputer / Informatika FSM Universitas Diponegoro yang diketuai oleh Nurdin Bahtiar, S.Si, M.T melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan di Kelurahan Mangunsari Kecamatan Gunungpati Kota Semarang Jawa Tengah dengan sasaran ibu-ibu anggota Tim Pengerak PKK.

 

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 17 April 2018 di Kantor Keluarahan Mangunsari ini mengusung tema pentingnya berinternet secara sehat dan aman khususnya bagi pengguna anak-anak dan remaja sehingga para orang tua merasa tenang saat putra putri mereka menggunakan sosial media ataupun berselancar di dunia internet.

 

Kegiatan ini diawali dengan penyuluhan pentingnya menjaga akses penggunaan internet dan sosial media yang dilakukan oleh anak-anak dan remaja karena mereka sangat rawan pendapatkan informasi negatif, hal-hal yang berbau pornografi, penyebaran hoax, dan sebagainya. Selanjutnya dilakukan penyuluhan tentang bagaimana menggunakan aplikasi yang dapat memonitor dan mengontrol penggunaan smartphone oleh anak-anak dan para remaja. Dengan aplikasi ini diharapkan orang tua dapat mengetahui sejauh mana eksplorasi penggunaan internet dan sosial media yang dilakukan oleh putra-putri mereka.

 

Sebagai tambahan, personil yang mendukung kegiatan ini di antaranya: Ibu Sukmawati Nur Endah, S.Si, M.Kom, Bapak Drs. Eko Adi Sarwoko, M.Kom, Bapak Dr. Eng. Adi Wibowo, S.Si, M.Kom, Ibu Dinar Mutiara K. N, S.T, M.Info Tech (Comp), Mas Beny Nugroho, serta dibantu oleh dua mahasiswa tingkat akhir Program Studi Informatika FSM Universitas Diponegoro.

 

1.png

Gambar 1. Tim Pengabdian Sedang Menyampaikan Materi

 

2.png

Gambar 2. Susunan  Lengkap Tim Pengabdian Masyarakat


3.png

Gambar 3. Peserta Pengabdian Saat Persiapan Sebelum Mulai Acara


4.png
Gambar 4. Peserta Pengabdian Sedang Mengajukan Pertanyaan

Kategori: Berita Akademik