Home » News » News #151

Tim Pengabdian Ilmu Komputer mengimplementasikan Kelas Virtual di SMPN 1 dan SMAN 3 Salatiga

Diposting oleh Administrator pada 4 September 2017, 08:20

Sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, Tim Pengabdian Departemen Ilmu Komputer/Informatika UNDIP membuat implementasi kelas virtual berbasis Learning Management System (LMS) di SMPN 1 dan SMAN 3 Salatiga. Tim yang diketuai oleh Panji Wisnu Wirawan, ST, MT ini membuat implementasi kelas virtual menggunakan LMS populer, Moodle. Tim bekerja sebagai bagian dari Program Kemitraan Masyarakat atas biaya DRPM (DIKTI) tahun anggaran 2017.

Kelas virtual yang dibangun oleh tim pengabdian Ilmu Komputer UNDIP, diimplementasikan pada website kedua sekolah. Implementasi kelas virtual pada kedua sekolah mendukung multi kelas dan multi mata pelajaran pada setiap kelasnya. Para guru dapat memanfaatkan kelas virtual untuk memberikan materi, sekaligus melakukan evaluasi bagi para siswanya. Dari siswa sendiri, siswa dapat mengunduh berbagai materi dan melakukan evaluasi diri atas penguasaan materi yang telah diberikan oleh guru. Guru pun dapat memantau aktivitas siswa-siswa di setiap kelasnya dengan fasilitas log activity yang ada pada kelas virtual.

Kegiatan implementasi kelas virtual ini berlangsung dari bulan Mei sampai dengan bulan November 2017. Diharapkan kelas virtual yang telah diterapkan dapat menambah jam belajar siswa di kedua sekolah, sehingga dapat menaikkan kompetensi siswa di setiap mata pelajaran. 

Kategori: Berita Akademik